latihan ‘opini 3’ Kursus Privat, Pilihan Tepat Bagi Orang Tua

Kursus Privat, Pilihan Tepat Bagi Orang Tua

            PERSOALAN mengenai pendidikan, tak pernah habis-habisnya diperbincangkan oleh publik, tentu para orang tua ingin memilih yang terbaik untuk anak-anaknya. Demi menambah bekal ilmu pengetahuan dan wawasan anak-anaknya, beberapa orang tua merasa belum cukup bilamana hanya mengandalkan sekolah saja. Sebagian banyak orang tua memutuskan untuk mendaftarkan anak-anaknya mengikuti kegiatan belajar lain, seperti mengikuti kursus formal atau kursus privat di suatu lembaga kursus. Alternatif lain yakni les privat di rumah. Nah, program belajar ini dimana anak-anak tidak perlu lagi antar-jemput ke lembaga kursus. Namun, guru akan mendatangi langsung ke rumah anak muridnya. Biasanya, guru privat ini relatif berusia masih muda atau masih kuliah.

Beberapa hari yang lalu, saya sempat berbincang dengan beberapa ibu-ibu di Kota Banjarmasin pada saat berada di Mts Al-Hamid Banjarmasin. Penulis sempat melontarkan pertanyaan terkait kursus privat tambahan yang katanya menjadi pilihan tepat bagi orang tua. Pertanyaan pemulis sederhana “Menurut Ibu, kira-kira apa yang membuat orang lebih memilih program kursus privat di rumah?”

Dari sekian pendapat, satu yang menurut penulis menarik, seorang ibu mengatakan, kursus privat ini cenderung lebih efektif untuk anak. Selama anaknya mengikuti program kursus privat ini anak lebih fokus dalam belajar, lebih merasa menikmati model pembelajarannya santai tanpa merasa tegang/terlalu serius. Selain itu, kelebihan dari kursus privat ini anak-anak akan lebih leluasa menanyakan banyak pertanyaan kepada gurunya. Bahkan, biaya kursus privat ini lebih hemat.

Penulis bertanya lagi, “Mengapa kursus privat menjadi pilihan yang tepat?”, seorang ibu yang lain mengatakan, selama anak-anaknya mengikuti program kursus orang tua tidak perlu repot antar-jemput lagi seperti bila mengikuti di suatu lembaga kursus. Menurutnya, jika mengikuti lembaga kursus banyak menghabiskan waktu di jalan saya, seperti yang kita tahu bahwa kota Banjarmasin ini merupakan kota rawan macet.

Penjelasan tersebut menyadarkan penulis. Ternyata program kursus privat di rumah ini, sekarang lagi nge-trend alias menjadi pilihan tepat bagi orang tua untuk anaknya. Jika memang demikian, tidak mengherankan sebagian orang tua lebih memilih anak-anaknya ikuti program kursus privat ketimbang dengan lembaga kursus di luar rumah. Faktor lain yang mendukung orang tua memilih kursus privat ini yakni karena mengeluarkan biaya yang lebih hemat ketimbang di lembaga kursus. Selain itu, orang tua juga mementingkan kenyamanan anak saat belajar di rumah, orang tua bisa sambil mengawasi anak belajar bersama gurunya, anak-anak juga lebih mudah memahami pelajaran yang belum dimengerti saat pelajaran di sekolah.

Hal yang perlu diketahui orang tua

Program kursus privat ini memang bisa dibilang jadi pilihan terbaik bagi orang tua. Tetapi, belum tentu anak-anak akan merasa cocok mengikuti sistem belajarnya. Masalahnya, akan muncul kondisi anak yang berbeda-beda dimana beberapa anak ada yang memang menyukai sistem belajar privat seperti ini, akan mampu mengikuti dengan baik proses belajarnya.

Namun, kemungkinan lainnya ada juga anak yang kemungkinan tidak menyukai sistem belajar seperti ini. Misalnya, anak lebih menyukai system belajar bersama anak-anak yang lain di lembaga kursus, tidak ingin belajar sendirian. Maka dari itu, tergantung kemauan masing-masing anak, karena mereka memiliki pribadi yang berbeda-beda (tidak sama), selain itu anak memiliki cara belajarnya masing-masing . Orang tua perlu mengetahui bahwa tipe anak itu bermacam-macam.

Ada lagi yang perlu diperhatikan orang tua yakni mengetahui bagaimana mood belajar anak, ada baiknya orang tua selalu aktif memberikan motivasi belajar untuk anak. Saya tekankan disini, orang tua sebaiknya tidak perlu memaksa anak untuk belajar jika dirasa anak sedang dalam kondisi mood yang tidak baik/tidak stabil, seperti anak merasa terlalu lelah karena terlalu banyak beban sepulang belajar di sekolah dan tidak konsentrasi. Jadi, mengetahui emosional anak juga merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk mendukung suksesnya pilihan orang tua.

Keputusan bersama

            Sebelum memutuskan program pelajaran tambahan mana yang akan di pilih, ada baiknya orang tua membicarakan terlebih dahulu dengan anak-anaknya. Jangan langsung mengambil keputusan tanpa mendengar pendapat dari anak. Pertama, tanyakan dulu kepada anak, program belajar tambahan seperti apa yang dirasa cocok dan efektif. Dengan demikian, anak-akan memikirkan pilihan yang dihendaknya. Kedua, janganlah terlalu egois memutuskan pilihan yang belum tentu anak akan menyukainya, karena perlu diingat anak merupakan salah satu pemeran kendali utama, dalam artian jika mereka tidak menyukai dan merasa tidak semangat dengan pilihan orang tuanya, usaha orang tua hanya akan menjadi hal yang sia-sia. Jadi, keputusan antara orang tua dan anak menjadi salah satu faktor yang penting sebelum mengambil keputusan yang tepat.

“cocok atau tidak, ini mesti menjadi suatu pertimbangan bagi orang tua sebelum memutuskan pelajaran tambahan untuk anak-anaknya”. Sebagai orang tua, pastinya menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Jadi, pada dasarnya orang tua mesti memahami terlebih dahulu model belajar seperti apa yang di inginkan anak agar bersemangat dalam pelajaran tambahannya. Dimana anak senang, disitu orang tua pun juga ikut senang. Jadi, bila dirasa memang kursus privat menjadi pilihan tepat bagi orang tua, mengapa tidak ikuti program kursus ini? (*)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s